Posted by : Unknown Jumat, 10 Januari 2014

NB:     AMBO = SAYA
            ANGKU = KAMU
Perkenalkan nama ambo Muhammad Fajri Harahap, lahir di Padang 11 April 1995. Orang tua ambo bernama Drs.Surtani Harahap M.Pd, beliau adalah seorang dosen Geografi di Universitas Negri Padang, Ibu ambo bernama Yusniar S.Pd beliau adalah seorang guru BK di SMP N 15 Padang.
Alamat rumah ambo di padang adalah Jl.Bakti Abri No.32 B Batang Kabung Padang, di sanalah ambo dibesarkan, ambo pernah belajar di Taman kanak-kanak Dharwanita UNP setelah itu ambo masuk ke salah satu Sekolah Dasar yang pada tahun-tahun belakangan menjadi Sekolah dasar RSBI di Kota Padang yaitu SD N Percobaan Padang, setelah satu ambo masuk ke Madrasan Tsanawiah Model Padang yang di sebut-sebut sebagai madrasah terbaik di Kota Padang, dan Pendidikan SMA ambo masuk ke SMA N 2 Padang. Alhamdulillah selama ambo sekolah tidak pernah tinggal kelas dan juga tidak pernah juara 1.

Selama di SD ambo selalu masuk ke peringkat 5 besar dan prestasi tertinggi ya Cuma juara 3, sedikit info mengenai SD ambo ini , dahulu terletak di kawasan UNP namun di pindahkan dengan memiliki gedung baru di Jl.Ujung Gurun, banyak yang menanyakan sekaligus menertawakan nama dari SD ini yaitu SD N “Percobaan”, apakah murid disini hanya untuk dicoba-coba? Sedikit meluruskan saja, mengapa SD ini diberi nama seperti itu karena jika ada kurukulum atau pelajaran baru untuk anak-anak SD di Kota Padang maka kurukulum tsb harus di berikan terlebih dahulu kepada anak-anak disini, jika anak-anak disini mampu dengan kurukulum tsb barulah kurikulum tsb diberikan kepda anak-anak yang berada di SD lain se Kota Padang, begitu sebaliknya jika anak-anak disini tidak mampu maka kurikulum tsb tidak akan di lepas kepada anak-anak di Sekolah Dasar lainnya, nah terserah kepada angku mau menafsirkan nya seperti apa.
Selama di SD itu ambo sangat sering menjadi seorang komandan atau pemimpin upacara karena “katanya” ambo memiliki suara yang keras, ya sebenarnya ambo juga tidak benar-benar menginginkan posisi itu, dan malahan ambo juga kadang-kadang sengaja untuk datang terlambat agar tidak menjadi sang pemimpin upacara. Disini ambo juga pernah mendapatkan prestasi di bidang pramuka karena ambo suka kegiatan lapangan, dan juga kegiatan olahraga seperti badminton dan sepak bola, ambo juga pernah juara mengaji dan azan ketika SD karena sempat mengikuti TPA/TPSA Masjid Al-Azhar UNP, selama 4 tahun belajar disana ambo banyak sekali mendapatkan ilmu tentang Agama Islam,Alhamdulillah.
Selanjutnya ketika tamat ambo masuk ke salah satu madrasah terbaik tidak hanya di Kota Padang namun juga se daerah Sumatera Barat yaitu MTsN Model Padang dan lagi-lagi namanya juga agak sedikit aneh yaitu kata “Model”, banyak orang awam yang mengatakan ini adalah sekolah model,hahahaha. Padahal itu salah nama model ini berarti madrasah ini menjadi model atau contoh bagi sekolah-sekolah sederajat lainnya. Maka dari itu tidak salah jika madrasah ini menjadi perwakilan Sumatera Barat untuk sekolah adiwiyata di tingkat Nasional,yeeee. Di sini ambo tidak banyak menorehkan prestasi ya hanya pernah mendapatkan juara 2 di kelas 3 dan nyaris menjadi calon anak tinggal kelas di kelas 2.

Meskipun begitu akhirnya ambo lulus dari sana dengan nilai lumayan dan diterima di SMA N 2 Padang, sekolah ini dahulunya pada tahun 1983 pernah menjadi sekolah terbaik no.2 di tingkat Nasional namun seiring pergangtian musim dan tahun prestasi sekolah ini juga banyak menurun, dan banyak juga terkena kasus-kasus yang selalu terjadi di Indonesia ya tebak aja sendiri pasti angku juga tau. Namun seperti nya saat ini seluruh keluarga Sekolah ini berjuang keras untuk mengembali masa kejayaan dahulunya, semoga Amin. Nah disini merupakan pencarian jati diri ambo, karena dahulu ambo sangat senang dengan pelajaran IPA tetapi setelah ambo masuk IPA disekolah ini, ambo mulai merasa tidak nyaman, 2 tahun ambo bersabar untuk tetap bertahan agar tidak tinggal kelas, karena nilai terburuk ambo pernah ambo alami di kelas 2 di SMA ini, tidak ada yang bisa disalahkan, sebenarnya nilai ambo ketika kelas 1 yang tinggi adalah pelajaran IPS sedangkan pelajaran IPA hanya mendapatkan nilai yang pas-pasan, namun karena ambo mengisi angket jurusan dengan mencentang jurusan IPA ya berakhir dengan ambo masuk ke kelas jurusan IPA. Ya namanya juga anak SMA, namun ambo sempat bersyukur karena dikelas ini ambo menemukan teman-teman yang sangat ambo rindukan sampai saat ini. Teman-teman seperjuangan dalam meraih mimpi masing-masing dan hanya bermodalkan berani bermimpi, karena memang nilai kami semua sangat pas-pasan, suatu saat ada seorang guru mengatakan Angku-angku ga bakalan bida dapat kuliah apalagi kuliah di Universitas Favourit.

Ya memang jika melihat dari prestasi dan nilai-nilai ambo dan kawan-kawan memang tidak mungkin rasanya, tapi ingat satu hal , Impian merupakan modal terbesar untuk bisa sukses. Itu kata-kata yang selalu ambo dan kawan-kawan pegang. Kami memang memiliki watak masing-masing yang sangat berbeda tetapi dengan satu impian untuk sukses kami saling mendorong untuk maju satu sama lain. Dan disini juga ambo mulai menyukai yang namanya dunia bisnis, ambo mulai untuk berjualan jersey, jaket, jam tangan. Setelah mengetahui enak nya dunia bisnis karena ambo bisa memiliki duit dan memiliki penghasilan sendiri itu sangat nikmat. Di sini juga ambo mengikuti kegiatan organisasi seperti OSIS dan SISPALA (siswa pecinta alam), dari Sispala inilah hobi ambo saat ini berasal, yaitu hobi berpetualang dan travelling. Mimpi ambo adalah bisa mengelilingi Indonesia dan mengunjungi seluruh Provinsinya dan membawa pengalaman-pengalaman itu saat mengelilingi dunia nantinya, karena ambo percaya bahwa dunia ini tidak semata-mata untuk kaya, namun memiliki banyak pengalaman itu sangat berharga dan suatu saat nanti ambo akan berbisnis dan hasilnya akan ambo bangun sekolah pesantren Islam berstandar internasional bagi anak-anak yang tidak mampu. Yang terpenting didunia ini adalah beramal dan saling tolong menolong agar bisa mendapatkan keridhaan Allah SWT yaitu surga, dan suatu saat nanti ambo akan naik haji bersama kedua orang tua ambo serta keluarga-keluarga lainnya,Amin.
Seperti yang ambo ceritakan tadi, ambo bersyukur telah mengalami itu semua, dari mimpi ini Alhamdulillah ambo bisa masuk ke sebuah Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, namun ambo lebih memilih UGM karena mendapatkan jurusan yang paling ambo sukai yaitu Jurusan Pariwisata. Dari sini semoga mimpi ambo bisa terwujudkan, dari dulu ambo ingin sekali bisa kuliah di Jawa walaupun banyak yang meragukan, karena ambo tidak memiliki prestasi apa-apa ketika di SMA dulunya, tapi kenyataan itu berbeda dari apa yang dibayangkan. Ya mungkin banyak yang tidak tau bagaimana perjuangan ambo untuk bisa mendapatkan ini, setelah UN selesai ambo beralih untuk mempelajari Ilmu Sosial dari awal, sedangkan lawan-lawan ambo telah mempelajari itu selama 3 tahun. Ya ambo memang tau itu sulit tapi hanya Allah SWT yang tau hasilnya, maka dari itu ambo nekad dan belajar mati-matian sehingga Alhamdulillah bisa mendapatkan apa yang ambo inginkan. Semoga selama ambo merantau ini ambo bisa sedikit demi sedikit mewujudkan impian-impian ambo selanjutnya, Amin.


Silahkan hubungi ambo jika ada perlu dan pertanyaan di :
Pin BB    :           27519A1E
No          :           087792404970


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Halo Bang Fajri! Salam kenal! :D
    Fotomu yang air terjun Pulosari di Krebet, Bantul, Jogja itu bagus lho.

    BalasHapus

- Copyright © My Travel And SISPALA SMANDU Story - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -